Mengapa Skrotum Tiba-Tiba Terasa Nyeri?

Mengentalkansperma.com - Skrotum atau biasa yang di sebut dengan kantung pelir adalah kantung yang terdiri dari kulit dan otot yang membungkus testis atau buah zakar seorang pria. Skrotum terletak di antara penis dan anus serta di depan perineum, Skrotum berasal dari bagian yang sama dengan labia mayora pada organ kelamin wanita.

Kebanyakan orang sering mengabaikan rasa nyeri yang muncul dalam diri mereka, meskipun nyeri itu sangat menyakitkan. Tapi, bagi kaum pria jangan sekali-kali meremehkan rasa nyeri jika itu terjadi pada daerah skrotum atau buah zakar.

Penyebab nyeri pada skrotum :

  • Varikokel atau varises pada testis
  • Hernia inguinalis. Benjolan pada usus karena adanya kerusakan pada muskulatur dinding perut dari area selangkangan. Benjolan tersebut menyebabkan pembengkakan skrotum dan nyeri.
  • Hidrokel, yaitu penumpukan cairan dalam satu atau kedua testis yang membuat skrotum membesar.
  • Gangren Fournier, yakni adanya pembengkakan pada skrotum. Ini merupakan jenis penyakit berat dalam bidang urologi.
  • Cedera pada testis atau skrotum.
  • Kanker pada testis.
  • Torsio testis, testis melintir.
  • Epididimitis, yakni kondisi yag terjadi ketika ada peradangan dari epididymis. Biasanya terjadi karena ada infeksi.
  • Batu ureter. Adanya batu ginjal yang turun ke ureter.

Torsio Testis

Meski banyak faktor yang menyebabkan nyeri pada skrotum, tapi pada banyak kasus yang terjadi penyebab nyeri skrotum adalah adanya torsio testis. Ini adalah kondisi dimana terpelintirnya funikulus spermatikus yang terdiri dari vas deferens atau saluran sperma, pembuluh darah arteri spermatica dan plexus pampiniform, pembuluh limfe dan saraf. Kondisi tersebut menyebabkan aliran darah yang masuk dan keluar pada testis tidak lancar bahkan terhenti, sehingga menyebabkan sel-sel di testis menjadi kekurangan pasokan oksigen hingga menjadi rusak dan mati.

Penyakit torsio testis diderita oleh 1 diantara 4000 pria yang berusia kurang dari 25 tahun, dan paling banyak diderita oleh anak pada usia pubertas yaitu antara 12-18 tahun. Faktor penyebab terjadinya torsio testis adalah perubahan suhu yang mendadak (biasanya terjadi saat berenang), latihan fisik yang berlebihan, memakai celana dalam terlalu ketat dan trauma pada skrotum.

Gejala torsio testis antara lain nyeri hebat pada kantung pelir. Rasa nyeri ini biasanya terjadi secara mendadak dan disertai pembengkakan pada buah zakar. Terkadang, nyeri yang menjalar ke selangkangan dan perut bawah sering disalahartikan sebagai gejala usus buntu. Rasa nyeri karena torsio testis tidak disertai oleh demam, sedangkan rasa nyeri akibat infeksi biasanya disertai dengan demam.

Pengobatan Untuk Nyeri Skrotum

Pengobatan yang paling baik adalah dengan memeriksakan diri ke dokter. Tapi, ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi rasa nyeri pada skrotum, antara lain :

  • Kompres dengan es batu atau air dingin, jika skrotum membengkak.
  • Rajin berolahraga, tapi jika nyeri tiba-tiba menyerang maka jangan lakukan aktifitas apapun.
  • Pakai celana yang longgar dan nyaman serta terbuat dari bahan yang bisa menyerap keringat.
  • Mandi dengan air hangat. Ini berguna untuk mempercepat aliran darah. Tapi, tetap perhatikan suhunya. Jika terlalu panas justru akan merusak sperma Anda.
  • Mengangkat skrotum. Ketika rasa nyeri itu tiba-tiba datang, Anda bisa berbaring di tempat tidur lalu mengangkat skrotum dan meletakkan sapu tangan di bawahnya. Hal itu akan mengurangi rasa sakit Anda.
  • Gunakan kapas di sekitar skrotum untuk menghindari cedera testis yang berlanjut.

Berkonsultasi pada dokter

Anda perlu segera memeriksakan diri ke dokter jika nyeri pada testis atau skrotum dalam kondisi :

>  Parah
>  Nyeri terus berlanjut
>  Nyeri disertai demam
>  Nyeri disertai muntah
>  Muncul benjolan atau pembengkakan pada skrotum

Ketika Anda berkonsultasi dengan dokter, ada beberapa tes yang mungkin akan Anda jalani yaitu :

>  Menjalani USG pada testis
>  Urinalisis
>  Kultur urin
>  Pemeriksaan sekresi dari prostat

Komplikasi Nyeri Testis atau Skrotum

Nyeri pada testis atau skrotum yang tidak segera diatasi bisa menyebabkan komplikasi lain, tergantung penyebabnya. Beberapa komplikasi yang terjadi adalah :

>  peKerusakan rmanen pada testis dan skrotum
>  Infeksi menyebar di seluruh tubuh yang dapat mengancam jiwa
>  Mempengaruhi kesuburan dan reproduksi

Meski kelihatannya sepele, tapi nyeri pada bagian alat vital sebaiknya jangan diabaikan. Ketika penyebab nyeri mungkin hanya cedera ringan saja, Anda tetap harus waspada. Karena bisa jadi cedera tersebut mempengaruhi kesuburan Anda.

Selain berkonsultasi dengan dokter, Anda juga bisa mengkonsumsi obat herbal dari produk kami yang berfungsi untuk meningkatkan gairah seks, meningkatkan kualitas sperma, menambah dan mengentalkan sperma dan meningkatkan kesuburan. Semen Booster adalah solusi bagi Anda yang memiliki masalah seksual. Semen Booster 100% terbuat dari bahan afrodisiak herbal tanpa campuran bahan kimia lain, sehingga aman dikonsumsi berdampingan dengan obat resep dari dokter.

Untuk pemesanan Semen Booster silahkan Anda mengisi form pemesanan atau langsung hubungi CS kami di nomor yang ada di sidebar sebelah kiri halaman ini. Selain Semen Booster, herbal Semen Count juga berfungsi untuk hal yang sama, yaitu meningkatkan jumlah dan kualitas sperma, meningkatkan gairah seksual dan juga menjadikan hubungan intim lebih nikmat dan tahan lama.

Bagikan

Update Terkait

Copyright © . MengentalkanSperma.com
Powered by Quick Cart | |

Daftar Rekening

  • transfer BCA tokoherbal 123 No.Rek 2471-7757-81 atas nama AHMAD FANANI
  • transfer Mandiri tokoherbal 123 No.Rek 135-00-1469455-6 atas nama AHMAD FANANI
  • transfer BNI tokoherbal 123 No.Rek 0458898966 atas nama AHMAD FANANI
  • transfer BRI tokoherbal 123 No.Rek 5895-01-029997-53-7 atas nama AHMAD FANANI