Pentingnya Analisis Sperma Bagi Pria Dewasa

Analisis Sperma. Analisis Sperma pdf, Analisis Sperma menurut who, Analisis Sperma menurut who pdf, analisa sperma prodia, analisis sperma pdf, biaya tes sperma 2015, hasil tes sperma normozoospermia, cara tes sperma sendiri, Pentingnya Analisis Sperma Bagi Pria DewasaMengentalkansperma.com - Selama ini banyak pria yang menganggap bahwa melakukan analisis sperma adalah tidak penting. Padahal, dengan melakukan analisis sperma pria bisa tahu tingkat kesuburan dirinya.

Analisis sperma adalah suatu pemeriksaan yang sangat penting dalam menilai fungsi organ reproduksi pria. Biasanya pemeriksaan ini bertujuan untuk mengetahui tingkat fertilitas pria. Semen atau air mani harus diperiksa seluruhnya setelah proses ejakulasi. Oleh karena itu, untuk melakukan pemeriksaan ini pria harus melakukan masturbasi atau coitus interuptus (senggama terputus) dimana pria mengeluarkan alat kelaminnya dari vagina istri sebelum mencapai ejakulasi.

Ada pula yang melakukan hubungan intim namun dengan menggunakan kondom khusus. Sebelum melakukan pemeriksaan disarankan untuk tidak melakukan aktifitas seks sekitar 3-5 hari. Untuk pemeriksaan air mani terbaik yaitu paling lambat satu jam sesudah ejakulasi. 

Apakah Itu Sperma?

Sperma atau air mani adalah cairan putih (kadang abu-abu atau kekuningan) yang dikeluarkan dari uretra (pipa dalam penis) pada saat ejakulasi. Fungsi air mani ini adalah membawa jutaan sel-sel sperma ke dalam saluran reproduksi wanita.

Karakteristik Sperma

Menurut WHO ada 4 kriteria dalam pengujian sperma, yaitu:

Volume

Pria subur mengeluarkan 2-5 cc air mani dalam sekali ejakulasi. Jika seorang pria selalu mengeluarkan air mani kurang dari 1,5 cc ini disebut hypospermia, sedangkan jika mengeluarkan lebih dari 5,5 cc disebut hyperspermia. Kedua kondisi ini dikatakan sebagai abnormal.

Konsentrasi Sperma

Konsentrasi sperma yang dimiliki oleh pria yang subur adalah lebih dari 20 juta/cc atau 40 juta secara keseluruhan. Jika konsentrasi sperma menunjukkan angka di bawah 20 juta/cc disebut Analisis Sperma. Analisis Sperma pdf, Analisis Sperma menurut who, Analisis Sperma menurut who pdf, analisa sperma prodia, analisis sperma pdf, biaya tes sperma 2015, hasil tes sperma normozoospermia, cara tes sperma sendiri, biaya tes sperma di pramita loligospermia, dan jika sama sekali tak ada sperma maka disebut azoospermia. Kondisi azoospermia hanya bisa dilihat dari mikroskop, karena dengan mata telanjang kondisi ini akan terlihat sama dengan keadaan normal.

Morfologi Sperma

Sperma yang normal memiliki bentuk kepala yang oval beraturan, dengan ekor lurus panjang di tengahnya. Sedangkan sperma yang bentuknya tidak normal (teratozoospermia) adalah kepala bulat, pipih, terlalu besar, kepala ganda, tidak berekor, dan sebagainya. Sperma abnormal tidak dapat membuahi sel telur. Pria normal memproduksi sekitar 30% sperma normal.

Motilitas (pergerakan) Sperma

Sperma ada 2 macam, yaitu berenang maju dan tidak. Hanya sperma yang mampu berenang yang bisa mencapai sel telur adalah sperma yang sehat. Menurut WHO motilitas sperma ada 4 yaitu:

  • Kelas A : sperma berenang maju dengan cepat dalam garis lurus seperti peluru kendali
  • Kelas B : sperma berenang maju tapi dalam garis lengkung/ bergelombang, atau dalam garis lurus tapi lambat
  • Kelas C : sperma yang hanya menggerakkan ekornya tapi tidak berenang
  • Kelas D : sperma yang tidak bergerak sama sekali

Pria subur setidaknya memproduksi 50% sperma dari kelas A dan B. Jika pria memproduksi sperma yang proporsinya kurang dari itu, atau bahkan memproduksi sperma kelas C dan D, maka akan sulit memiliki keturunan. Motilitas sperma juga bisa terhambat jika antar sperma saling berhimpitan, sehingga menyulitkan pergerakan sperma.

Penghitungan Sperma (Sperm Count)

Pada dasarnya kesuburan pria ditentukan oleh kombinasi keempat kriteria di atas, yaitu jumlah sperma yang berbentuk sempurna dan dapat bergerak lincah dalam air mani. Misalnya, seorang pria memproduksi 20 juta sperma per ml, 50% -nya bermotilitas bagus dan 60% -nya berbentuk sempurna, maka dia memiliki hitungan sperma 20 x 0,5 x 0,6 = 6 juta sperma bagus per ml. Bila volume ejakulasinya adalah 2 ml, maka total sperma bagus dalam sampelnya adalah 12 juta.

Setelah dilakukan analisis sperma, kini saatnya membaca hasil analisis sperma tersebut untuk mengetahui tingkat kesuburan pria dengan menerapkan standar dari WHO:

  • Volume : 2 ml atau lebih
  • pH normal : 7,2 - 8,0
  • Konsentrasi spermatozoa: 20 juta spermatozoa / ml atau lebih
  • Jumlah total spermatozoa : 40 juta spermatozoa per ejakulasi atau lebih
  • Motilitas spermatozoa : Dalam waktu 1 jam setelah ejakulasi, sebanyak 50% dari jumlah total spermatozoa yang hidup, dan masih aktif bergerak.
  • Morfologi permatozoa : 30% atau lebih memiliki bentuk yang normal
  • Vitalitas spermatozoa : 75% atau lebih dalam keadaan hidup
  • Jumlah sel darah putih : lebih sedikit dari 1 juta sel/ml

Dari standar yang telah disebutkan di atas, biasanya dokter akan membuat suatu simpulan yang akan diterima sebagai hasil analisis sperma. Adapun macam dan definisi dari kesimpulan tersebut adalah:

  • Normozoospermia : Karakteristik normal.
  • Oligozoospermia: Konsentrasi spermatozoa kurang dari 20 juta per ml.
  • Asthenozoospermia: Jumlah sperma yang masih hidup dan bergerak secara aktif, dalam waktu 1 jam setelah ejakulasi, kurang dari 50%.
  • Teratozoospermia: Jumlah sperma dengan morfologi normal kurang dari 30%.
  • Oligoasthenoteratozoospermia: Kelainan campuran dari 3 variabel yang telah disebutkan sebelumnya.
  • Azoospermia: Tidak adanya spermatozoa dalam sperma
  • Aspermia: Sama sekali tidak terjadi ejakulasi sperma

Dengan melakukan analisis, masalah ketidaksuburan dari pasangan bisa diketahui dengan mudah. Selanjutnya, dokter dan timnya akan memberikan pengobatan terbaik sebagai solusinya.

Apabila hasil analisis sperma dinyatakan normal, kemungkinan besar penyebab ketidaksuburan terdapat pada wanita. Oleh karena itu, analisis kesuburan wanita dapat dijalankan sebagai langkah lanjut.

Hal yang Harus di Periksa saat Analisis Sperma

Berikut ini beberapa hal yang akan diperiksa saat analisis sperma di lakukan:

  • Hitungan sperma (sperm count). Angka yang normal untuk ini adalah 200 juta per sentimeter kubik.
  • Kelincahan gerak sperma (motilitas). Uji ini menyatakan tingkat aktivitas sperma. Jika sperma tidak bergerak, mereka tidak dapat sampai ke telur.
  • Morfologi. Ini memberi informasi tentang bentuk sperma. Penilaian bisa mikro (dalam hal ini berarti terlalu kecil), bisa makro (dalam hal ini berarti terlalu besar). Ukuran yang diharapkan adalah sedang.
  • pH. Semen/air mani harus bersifat agak basa -7,0 hingga 8,5.
  • Viskositas. Semen/air mani harus mudah dituang.
  • Volume. Yang normal dalam hal ini adalah 2-5 cm3 (kira-kira 1/2 hingga 1 sendok teh).

Memiliki sperma bagus adalah dambaan setiap pria. Tapi, terkadang ada beberapa hal yang menyebabkan pria tidak bisa memiliki sperma yang bagus bahkan kadang encer. Maka sudah sewajarnya mereka selalu berusaha untuk mendapatkannya, salah satunya dengan mengkonsumsi suplemen yang meningkatkan kualitas sperma.

Untuk dapat mengembalikan kualitas sperma, Anda bisa mengkonsumsi suplemen herbal yang  terbuat dari 100% bahan alami. Semen Booster adalah obat herbal yang terbuat dari 100% ekstrak tanaman afrodisiak herbal seperti purwoceng, ginseng, kapulaga dan beberapa tanaman rahasia lainnya yang membantu menambah dan mengentalkan sperma secara alami.

Khasiat dari obat herbal Semen Booster adalah mengentalkan sperma yang encer, menambah volume sperma, meningkatkan kualitas sperma, meningkatkan kesuburan serta meningkatkan gairah seksual. Semen Booster aman dikonsumsi dan tanpa efek samping apapun.

Bagikan

Update Terkait

Copyright © . MengentalkanSperma.com
Powered by Quick Cart | |

Daftar Rekening

  • transfer BCA tokoherbal 123 No.Rek 2470-1646-65 atas nama PURWANTO
  • transfer Mandiri tokoherbal 123 No.Rek 1350-0148-5268-3 atas nama PURWANTO
  • transfer BNI tokoherbal 123 No.Rek 0674-6723-52 atas nama PURWANTO
  • transfer BRI tokoherbal 123 No.Rek 3568-0103-0836-533 atas nama PURWANTO